Jumat, Juli 18, 2008

Karakteristik Sebuah Situs PR Berdasarkan WEB 2.)

KARAKTERISTIK SEBUAH SITUS PR BERDASARKAN WEB 2.0

Ungkapan “Web 2.0” mengisyaratkan pada suatu format ditingkatan dunia web secara luas ; menyatakan bahwa teknologi seperti weblogs, social bookmarking, wikis, podcasts, RSS feeds (dan format lainnya, yang banyak diterbitkan), social software, Web APIs, Web standards, dan Web service menunjukkan suatu perubahan yang penting di dalam pemakaian web. Selama ini, PR telah mengalami perkembangan yang luar biasa, dimana PR bertugas untuk mengontrol pemberitaan media. Ya, itu sangat mudah dilakukan, ketika media besar mendominasi, dan pihak-pihak yang bisa melakukan publikasi sangat terbatas.

Di era web 2.0, dimana setiap orang bisa mempublikasikan pendapatnya. Maka perusahaan, seharusnya memiliki seorang PR yang dapat menyesuaikan teknologi baru, pemikiran baru, serta dapat menjadi publisher dan juga influencer. Dapat membantu perusahaan untuk mainstream conversation. Seorang PR harus menjalin hubungan baik dengan media, misalnya company visit, media luncheon, dan lain-lain. Seorang PR juga harus mempunyai hubungan personal yang baik dengan jurnalis, misalnya dengan mengajak jalan bareng.

Namun apakah sama sikap mereka sebagai jurnalis dan blogger? Ternyata sangat berbeda, sebagai seorang blogger mereka lebih santai, dan tidak menjaga jarak. Karena mereka memang tidak sedang mewakili media tertentu. Mereka mewakili diri sendiri dan mereka bebas menulis sesuka hati. Untuk itu sebagai PR bukan hanya mengajak jalan-jalan para jurnalis, tapi juga mesti ikut berkumpul di acara kopdar para blogger. Karena para blogger mempunyai hobi untuk berkumpul, dengan ikut berkumpul informasi yang ditulis oleh blogger bisa lebih dimoderasi. Tugas berikutnya yang juga harus dilakukan oleh seorang PR adalah blogwalking dan ikut kasih komentar. Karena ikatan batin blogger terjalin justru dari ajang ini...

Tidak ada komentar: